Apakah Kerja Lembur itu wajib - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

Apakah Kerja Lembur itu wajib

Banyak sekali pekerja yang mempertanyakan tentang kerja lembur ketika seorang pekerja keesokan harinya ada acara yang sangat penting buat dia tetapi saat itu pekerja tersebut diminta atasannya untuk kerja lembur.disini saya coba jelaskan tentang apakah kerja lembur itu wajib atau tidak.

Menurut UU 13 Tahun 2003 Pasal 78

(1) Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (2) harus memenuhi syarat:
a. ada persetujuan pekerja/buruh yang bersangkutan; dan
b. waktu kerja lembur hanya dapat dilakukan paling banyak 3 (tiga) jam dalam 1 (satu) hari dan 14 (empat belas) jam dalam 1 (satu) minggu.
(2) Pengusaha yang mempekerjakan pekerja/buruh melebihi waktu kerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib membayar upah kerja lembur.
(3) Ketentuan waktu kerja lembur sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b tidak berlaku bagi sektor usaha atau pekerjaan tertentu.
(4) Ketentuan mengenai waktu kerja lembur dan upah kerja lembur sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) diatur dengan Keputusan Menteri.

Penjelasan
Pasal 78

Ayat (1)
Mempekerjakan lebih dari waktu kerja sedapat mungkin harus dihindarkan karena pekerja/buruh harus mempunyai waktu yang cukup untuk istirahat dan memulihkan kebugarannya. Namun, dalam hal-hal tertentu terdapat kebutuhan yang mendesak yang harus diselesaikan segera dan tidak dapat dihindari sehingga pekerja/buruh harus bekerja melebihi waktu kerja.

Ayat (2), Ayat (3), Ayat (4) Cukup jelas


Dalam hal ini silahkan teman-teman untuk mengambil sikap, jadi jika selama pekerja tersebut tidak menyetujui untuk bekerja lembur maka tidak menjadi wajib.

Demikian penjelasan saya semoga membantu.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.