Iuran Anggota Serikat Pekerja - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

Iuran Anggota Serikat Pekerja

Iuran Anggota Serikat Pekerja
Dalam menjalankan organisasi, serikat pekerja/buruh membutuhkan biaya untuk melaksanakan operasional organisasi, antara lain untuk kebutuhan administrasi, kesekretariatan, dana operasional, membuat sarana informasi dan publikasi, dan lain - lain. Karena serikat pekerja merupakan organisasi kolektif, biaya untuk kebutuhan tersebut diutamakan dari iuran anggota.

Iuran Anggota merupakan modal pergerakan bagi serikat pekerja, Semaoen dalam buku "Penuntun Kaum Buruh"bahkan mengatakan: “Berani membayar iuran yang besar berarti berani untuk memerdekakan kaum buruh atau serikat buruh.” Selain secara eksternal serikat buruh dihadapkan pada persoalan perburuhan (advokasi kasus, pemogokan), serikat buruh juga menghadapi hambatan dari internal organisasi, persoalan yang terkadang dianggap remeh dan sangat sensitif, antara lain mulai tidak disiplin dalam iuran sampai dengan “korupsi kecil”.

Dalam serikat buruh, baik yang sudah lama berdiri dan mempunyai banyak anggota, maupun serikat buruh yang relatif baru dan jumlah anggotanya kecil, seringkali persoalan telat dalam membayar iuran, atau tidak membayar iuran, seringkali menjadi hal yang lumrah; dimaklumi; biasa; dan bahkan menjadi kebiasaan.
 
Persoalannya bukan pada poin “belum ada duit”, karena bukan ini hal yang kita bahas. Perilaku umum serikat buruh – baik anggota maupun pengurusnya – sering memaklumi tindakan-tindakan mulai dari menunda membayar iuran (padahal sudah ada duit, tetapi enggan segera membayar) sampai tidak membayar iuran dengan banyak dalih. Lalu, kalau ini menjadi kebiasaan, bagaimana dengan jalannya organisasi serikat buruh dan capaian-capaiannya?
 
Tidak disiplin dalam membayar iuran – karena sengaja menunda padahal uang ada atau hanya karena malas menyetor – atau tidak membayar iuran sama sekali, adalah pangkal dari korupsi.

Untuk mendorong peningkatan fungsi dan peran serikat pekerja/serikat buruh, sangat diperlukan dukungan dana yang antara lain berasal dari iuran anggota serikat pekerja/serikat buruh. Dana tersebut dapat dihimpun dan dimanfaatkan secara efektif dan efisien, berdasarkan pedoman tata cara pemungutan, pemanfaatan dan pendistribusian iuran anggota serikat pekerja/serikat buruh sesuai denga ketentuan yang berlaku.

selain itu ada juga kewajiban anggota yang lain

Apa Kewajiban Anggota FSPS
1. Membayar uang pangkal dan uang iuran (UPETI) 
2. Mentaati AD/ART FSPS serta keputusan-keputusan organisasi. 
3. Turut aktif melaksanakan tugas-tugas organisasi. 
4. Membela dan menjunjung tinggi nama baik organisasi. 
5. Menghadiri rapat, pertemuan-pertemuan serta kegiatan-kegiatan lain yang diadakan oleh organisasi.

Setelah melaksanakan kewajiban maka tentunya akan mendapatkan hak haknya
Apa saja Hak-Hak anggota FSPS
1. Memilih dan dipilih. 
2. Hak bicara, mengajukan pendapat dan saran untuk kemajuan organisasi. 
3. Hak memberikan dan mendapatkan pembelaan dalam melaksanakan tugas-tugas organisasi dan dalam sidang-sidang organisasi. 
4. Hak mendapatkan bantuan, bimbingan,pendidikan dan perlindungan dari organisasi.

melaksanakan Hak dan kewajiban tentunya membutuhkan biaya maka dari iuran anggota biaya tersebut di bebeankan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.