Mulai 2016 Upah Buruh Naik Dua Tahun Sekali - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

Mulai 2016 Upah Buruh Naik Dua Tahun Sekali

Mogok kerja Buruh Pabrik
Ilustrasi : Mogok Kerja Buruh Pabrik (facebook)
“Kenaikan upah minimum akan ditentukan dua tahun sekali, agar meningkatkan kesejahteraan pekerja dan tidak membebani pengusaha”, demikian ujar Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Kementerian Ketenagakerjaan, Irianto Simbolon, Senin (2/3) di Gedung Kementerian Ketenagakerjaan.
Menurut Irianto, pengaturan kenaikan upah dua tahun sekali itu, dimuat dalam Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Pengupahan yang disusun oleh Kementerian Ketenagakerjaan, dan kini sedang dalam tahap harmonisasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Ketika ditanya soal berapa kisaran besaran kenaikan upah dua tahun sekali itu, Irianto mengatakan, kendati ditentukan dua tahun sekali namun setiap tahun pekerja tetap mendapat kenaikan upah yang disesuaikan dengan tingkat inflasi.
RPP Pengupahan tersebut, rencananya diprioritaskan selesai ditanda-tangani Presiden Joko Widodo tahun ini, agar dapat segera diterapkan tahun depan (red- tahun 2016). “Kalau sudah tuntas, akan segera kami serahkan ke Presiden untuk ditanda-tangani”, ujarnya.
Dasar hukum dari penerbitan RPP, adalah Pasal 97 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang berbunyi : “Ketentuan mengenai penghasilan yang layak, kebijakan pengupahan, kebutuhan hidup layak, dan perlindungan pengupahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 88, penetapan upah minimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 89, dan pengenaan denda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 95 ayat (1), ayat (2) dan ayat (3) diatur dengan Peraturan Pemerintah”. (Jm)



Sumber: www.buruh-online.com


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.