Menengok Makam Singaperbangsa Adipati Pertama Karawang - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

Menengok Makam Singaperbangsa Adipati Pertama Karawang

KARAWANG, Makam adipati atau Bupati pertama Karawang Jawabarat di Desa Manggung jaya Cilamaya Kulon Karawang terlihat asri. dengan pohon besar yang sudah berusia puluhan tahun kokoh berdiri memayungi bangunan makam, Singa perbangsa bergelar Adipati Kertabumi IV yang menjabat dari tahun 1633 sampai 1677 .di sebut juga panembahan Singa Perbangsa atau Eyang Manggung atau Dalem Kalidaon makam ini sekaligus komplek makam para bupati penerusnya yang pernah menjabat di karawang periode tahun 1633 sampai tahun 1786.
Diceritrakan bahwa Singaperbangsa mempunyai garis keturunan dari Prabu Geusan Ulun, penguasa Kerajaan Sumedang Larang. Beliau adalah putera dari Adipati Kertabumi III yang telah berhasil mengusir Pangeran Nagaragan dari Banten. Nagaragan sebelumnya berusaha menguasai daerah Karawang. Keberhasilan Adipati Kertabumi III ini membuatnya dianugerahi keris yang diberi nama "Karosinjang" dan perintah untuk tetap memegang kekuasaan di Karawang sebagai wakil dari Sultan Agung dari Mataram. Namun tugas itu tidak dapat ditunaikan karena Adipati Kertabumi III meninggal dunia pada saat berada di Galuh. Selanjutnya, melalui Piagam Pelat Kuningan Kandang Sapi Gede, Sultan Agung mengangkat Singaperbangsa sebagai penguasa di Karawang dengan gelar Adipati Kertabumi IV.
Di dalam area makam seluas 2,2 Hektar yang merupakan tanah hak milik pemda karawang dengan di danai oleh APBD karawang komplek makam ini beridiri kokoh dengen benteng yang mengelilinginya, terdapat enam makam dalam satu bangunan yang terbagi enam bangunan kecil yaitu:

  1. Dalem Adipati Singaperbangsa, dengan gelar Adipati Kertabumi IV, yaitu Bupati Ke- 1, periode 1633-1677

  2. R. Anom Wirasuta, dengan gelar R.A. Patatayuda I, yaitu Bupati ke-2, periode 1677-1721

  3. R. Jayanegara, dengan gelar R.A Panatayuda II, yaitu Bupati Ke-3, periode 1721-1731

  4. R. Martanegara / R. Singanagara, dengan gelar R. A Panatayuda III, yaitu Bupati Ke-4, periode 1731-1752

  5. R. Mohamad Soleh, dengan gelar R. A Panatayuda IV, yaitu Bupati Ke-5, periode 1752-1786

  6. Ibu Siti Ansiah (Keramat Manggung), Kampung Kali Daon Cigobang, Desa Ciparage.
Komplek pemakaman Adipati di Manggung jaya Cilamaya kulon di kelola oleh pemerintah Kabupten karawang, yang mempunyai agenda wisata pada bulan maulud tanggal 10 ramai di kunjngi bupati dan para pejabat daerah karawang . juga masyarakat karawang yang berjiarah di makam singaperbangsa sayangnya lokasi yang asri ini cenderung kurang terawat,banyak sampah berserakan dan para tamu yang berjiarah tidur di dalam area makam. menurut Chatib warga sekitar,
Sebelumnya di Manggung Jaya hanya terdapat makam panembahan Singaperbangsa. Yang menurut cerita ditemukan menurut pemberitahuan dari seorang Guru Besar Agama Islam di Purwakarta yang menyatakan kepada muridnya yang tinggal di Manggung, bahwa di daerah tersebut terdapat makam seorang Wali Allah yang hapal Al-Quran dan merupakan seorang pemimpin.pemerintah kabupaten karawang menetapkan bahwa makam panenmbahan Singa perbanga sebagai situs Cagar budaya yang harus di jaga dan di lestarikan serta sebagai destinasi wisata jiarah khususnya Jawabarat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.