SADARLAH ATAS PENGHISAPAN - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

SADARLAH ATAS PENGHISAPAN

Pendidikan tentang pembukuan perusahaan bukan lah sekadar untuk mengamati catatan-catatan kegiatan proses produksi dan komponen-komponennya dalam nilai moneter (keuangan), tapi juga membongkar penghisapan tenaga kerja kaum buruh (atas nama pemilikan legal-hukum atas alat-alat/sarana-saran produksi dalam bentuk modal), dan lebih peka terhadap alur atau proses produksi sehingga bisa menentukan jantung pabrik sebagai kreteria (patokan) kekuatan tenaga kerja buruh dalam makna kekuatan untuk melanjutkan proses produksi atau menghentikan proses produksi (alias mogok)--sehingga kaum buruh dapat bermartabat di hadapan pemilik modal dan memastikan bahwa, di atas kertas, buruh dapat memenangkan perlawanan dan perjuangannya asal berkehendak kompak dan setahap demi setahap melatih ketahan-uji (militan) mewujudkannya. 

Hal lainnya adalah agar kaum buruh paham posisi perkembangan perusahaan (alias hasil kerjanya) dalam bentuk moneter (keuangan), sehingga tidak mudah dibohongi dalam perundingan upah sundulan, bonus, tunjangan-tunjangan lainnya, atau pun dalam perundingan kepailitan. Masalah Terakhirnya adalah: apakah kaum buruh memiliki hak legal-formal-hukum untuk membuka dan mengamati buku perusahaan setiap waktu? Tidak. 

Namun demikian, kaum buruh masih memiliki celah untuk menganalisanya lewat berbagai cara--mengamati siklus akuntansi, menganalisa berbagai data industri tertentu secara rata-rata dan kecenderungannya, serta lain sebagainya (tunggu pelajaran berikutnya). 

Dan yang paling penting: dari analisa pembukuan perusahaan, maka kawan-kawan jadi paham tentang produksi dan ekonomi (masyrakat) yang tidak menghisap tenaga kerja kaum buruh, sekaligus juga mengerti bagaimana menghapuskan pengangguran.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.