FSPS lakukan penelitian bersama peneliti dari Amerika Serikat - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

FSPS lakukan penelitian bersama peneliti dari Amerika Serikat

Karawang – ketidak merataan laju pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di Indonesia telah mendorong ratusan bahkan ribuan masyarakat desa meninggalkan kampong halamannya dan berpindah untuk mencari keberuntungan di kota. Banyak faktor penarik dan pendorong yang menyebabkan orang melakukan perpindahan ke kota atau urbanisasi, salah satunya adalah desakan akan kebutuhan ekonomi dan harapan akan kehidupan yang lebih baik. Urbanisasi tidak hanya memberikan dampak positif tetapi juga dampak negatif yang tidak dapat ter elakkan lagi.

Dari berbagai macam dampak negatif tersebut diantaranya adalah kerusakan lingkungan di wilayah kota, menumpuknya para pencari kerja di daerah perkotaan dan tidak tergarapnya lahan di desa. Fakta yang menarik adalah urbanisasi tidak saja dilakukan oleh kaum pria, akan tetapi juga kaum perempuan yang terpaksa harus mengadu nasib dan peruntungan di kota. 

Fakta fakta tersebutlah yang menjadi pendorong bagi Michael Shellenberger seorang peniliti dari Amerika Serikat untuk melakukan penelitian di Indonesia tentang urbanisasi dan keterkaitannya dengan buruh perempuan yang bekerja untuk pabrik pabrik di kota. Penelitian yang akan dilakukan selama beberapa hari tersebut juga akan melibatkan FSPS sebagai salah satu serikat buruh yang tidak hanya memperjuangkan masalah kesejahteraan buruh di pabrik, tetapi juga kesejahteraan klas rakyat.

“ kami merasa bangga dapat turut berkontribusi dalam penelitian tersebut, apa lagi Michael Shellenberger ini adalah seorang peneliti yang sering mendapatkan penghargaan di negaranya, semoga kerja sama ini dapat member pengaruh besar bagi kemajua dan perjaungan klas proletar atau klas rakyat “ ungkap agus humaedi saat di konfirmasi terkait rencana penelitian tersebut. Lebih lanjut Agus juga menjelaskan bahwa penelitian tersebut akan di laksanakan sebentar lagi dan bertempat di Karawang. ( ch )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.