Sisi lain fakta tentang UMK di Karawang dari tahun ke tahun (Mengapa FSPMI mendapat jatah dua perwakilan di Depekab Karawang) - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

Sisi lain fakta tentang UMK di Karawang dari tahun ke tahun (Mengapa FSPMI mendapat jatah dua perwakilan di Depekab Karawang)

Melihat begitu kuatnya permainan di Depekab sementara kalau hanya punya satu perwakilan tidak akan mampu mempengaruhi, belum lagi belum tentu utusan yang ada mau nurut dengan strategi yang ada. Akhirnya saya mencoba berbagai cara agar perwakilan FSPMI mendapatkan dua wakil.
Cara pertama sayabharus mengganti Cahyadi terlebih dahulu karena ada perbedaan pendapat yang mendasar, dimana kata dia sebagai anggota depekab maka organisasi tidak boleh lagi mengatur dia karena menurut dia sekrang bukan mewakili FSPMI tetapi mewakili buruh secara umum.
Daripada berdebat panjang akhirnya saya memanggil Cahyadi untuk berbicara empat mata. Saya sampaikan sama dia, "Sebaiknya anda mundur dengan baik-baik di Depekab atau saya pecat? Bila baik-baik maka saya akan menghebatkan anda, tetapi apabila anda saya pecat maka saya akan menyampaikan alasannya secara terbuka. Silahkan anda berfikir dan saya akan segera memutuskan."
Seminggu kemudian dia menyatakan mengundurkan diri dari Depekab dan saya segera memasukan Rustan sebagai pengganti Cahyadi.
Seperti rencana awal supaya memiliki kekuatan, maka organisasi harus memiliki dua perwakilan akhirnya saya mencoba segala kemampuan yang ada untuk mendapatkan itu.
Saat itu kebetulan FSPEK meminta agar ada keterwakilannya dan Apindo mulai kebingungan bila FSPEK masuk Depekab. Akhirnya saya katakan sama FSPEK bahwa saya akan membantu FSPEK masuk depekab tetapi dengan syarat anda mendukung saya untuk.mendapatkan dua perwakilan. Demikianpun dengan Apindo, saya katakan sama mereka jika saya hanya punya satu perwakilan akan sulit membantu Apindo sedangkan kita tidak mungkin lagi menolak keterwakilan FSPEK.
Akhirnya pada rapat berikutnya dan beberapa kali rapat LKS Tripartit, saya mampu mendapatkan dua orang perwakilan dan masuklah Resia.. sehingga keanggotaan depekab ada dua orang yaitu R2.
Sejak itulah keanggotaan depekab ada tiga serikat pekerja dengan perwakilannya sebanyak lima orang, yaitu dari SPSI dua orang, dari FSPMI dua orang dan dari FSPEK satu orang.
Mengapa FSPMI saat itu mendapatkan jatah dua perwakilan? Selain karena pendekatan saya ke FSPEK dan Apindo juga saya melakukan pendekatan ke pemerintah. Tapi tidak semudah itu... semua bukan semudah itu, saya harus memberikan data dan argumentasi hukum yang masuk akal.
Dalam setiap rapat LKS pasti saya mendapatkan penolakan keras dari SPSI, akhirnya saya sampaikan bahwa keanggotaan serikat pekerja seharusnya da verifikasi... keanggotaan FSPMI sudah menembus 30.000 bila dibagi 2500 seharusnya kami mendapatkan 12 orang, maka sangat wajar bila FSPMI mendapatkan jatah dua orang sama dengan SPSI. 
Itulah salah satu cara argumentasi yang saya berikan selain dengan cara-cara lainnya.

Sejak keterwakilan ada dua orang plus saya di LKS satu orang maka kekuatan untuk mempengaruhi di Karawang dalam segi upah minimum semakin menunjukan peningkatan.
Strategi mulai dijalankan dan kebetulan mereka berdua (R2) manut dan mengikuti apapun yang saya sarankan.
Anda tentu masih ingat ketika kita harus rapat sampai malam hari di kantor cabang FSPMI dan stanby menunggu keputusan rekomendasi UMK yang sebenarnya saya sudah tau apa yang akan diputuskan.
Anda tentunya masih ingat ketika kita mengawal UMK di Disnaker malam hari yang saat itu UMK TSK keluar dari UMKU I?
Semua itu adalah strategi yang saya bangun dan berubahlah UMK dari dua kelompok menjadi tiga kelompok, kemudian menjadi empat kelompok dan kemudian menjadi lima kelompok.
Yang pasti perjuangan UMK itu bukan dilakukan di satu hari atau di satu bulan atau di akhir mau dibahas UMK. Semua dilakukan dari sejak awal.. yaitu dari bulan Januari hingga Nopember, hingga ada SK dari Gubernur.
Nanti kita lanjut ke Bagian dimasa kepeminpinan Bupati Ade Swara.

Sanggahan Penulis : Tulisan ini dibuat untuk pembelajaran , bukan untuk mencari pujian atau nama besar. tulisan ini dibuat atas pengalaman langsung dari penulis.

Ditulis oleh :  Abda Khair Mufti
Image Source : fsps foto doc

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.