Tetap Bugar Selama Berpuasa - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

Tetap Bugar Selama Berpuasa

Tetap Bugar Selama Berpuasa
Puasa adalah cara alami untuk membuang racun yang selama 11 bulan tertimbun di dalam tubuh. Selain membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang, puasa juga sangat membutuhkan asupan air yang juga mencukupi agar pada saat berpuasa tubuh terhidar dari dehidrasi. Kecukupan air putih per hari bagi tubuh minimal adalah 2 liter atau 8 gelas, dan jika kurang dari angka tersebut akan terlihat sekali tubuh mengalami dehidrasi.
Air putih menurut Ahli Gizi dari Departemen Gizi Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), dr. Sri Sukmaniah MSc, SpGK, adalah cairan yang paling alami untuk memberikan hidrasi pada tubuh kita karena air tidak mengandung pemanis (kalori), pewarna bahkan pengawet (preservative). “Jadi walaupun ada cairan lainnya seperti soda, kopi atau susu, kita harus mencukupkan asupan air untuk tubuh,” dr. Sri menambahkan.
Tips Agar tetap bugar selama berpuasa
1.Berbuka puasa dengan Air Putih
Makanan atau minuman yang manis memang dianjurkan, tetapi meminum air putih terlebih dahulu juga dianjurkan loh. Menurut dr. Sri, saat ini banyak orang Indonesia yang  saat puasa berbuka hanya dengan yang manis dan melupakan air putih. Padahal, terlalu banyak mengonsumsi minuman manis berkalori tinggi dapat mengakibatkan penimbunan kalori seperti lemak. Sedangkan air putih, selain bisa menghilangkan haus  saat berbuka juga akan membantu tubuh menutupi kehilangan cairan saat puasa.
2. Menjaga keseimbangan dengan minum air mineral
 Saat sahur atau berbuka. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari akan menjaga keseimbangan hidrasi dalam tubuh. Nah hindari minum yang berlebihan, karena minum terlalu banyak sekaligus bisa menyebabkan pengenceran darah dan hiponatremia (kadar natrium dalam darah turun dari normal). Jadi penting banget guys penting untuk mengatur jumlah konsumsi air minum dari sahur sampai  berbuka.  
Ada tambahan nih guys, menurut dr. Sri untuk mengatur asupan air putih setiap orang bisa menggunakan pola 242, yaitu dengan cara konsumsi air dengan minum 2 gelas  saat berbuka, 4 gelas saat makan malam sampai saat kamu ingin  tidur dan 2 gelas saat sahur.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.