PP Pengupahan Akhirnya Disahkan - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

PP Pengupahan Akhirnya Disahkan

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri
Setelah 12 tahun tertunda, pemerintah akhirnya menuntaskan Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pengupahan.

Presiden Jokowi telah menanda-tangani PP tersebut pada Jumat (23/10/2015) lalu. PP tersebut akan berlaku mulai tahun depan.

"Alhamdulillah PP Pengupahan sudah selesai, sudah ditandatangani Presiden dan telah diundangkan. Itu langsung berlaku. Penetapan UMP 2016 oleh Gubernur nanti sudah harus menggunakan formula sebagaimana diamanatkan dalam PP tersebut," jelas Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri.


Dengan keluarnya PP Pengupahan tersebut, kata Hanif, penetapan Upah Minimum Propinsi (UMP) tahun 2016 sudah harus menggunakan formula yang diamanatkan dalam beleid baru itu.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri mengungkapkan, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. Peraturan itu mengatur soal formulasi pengupahan yang menghitung inflasi dan pertumbuhan ekonomi

Seperti diketahui, formula pengupahan dalam PP baru ini menggunakan angka inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional sebagai variabel utama dalam perhitungan kenaikan upah minimum. Gubernur akan menetapkan dan mengumumkan secara serentak UMP tahun berikutnya setiap 1 November.

Berikut Peraturan Pemerintah Tentang Pengupahan Nomor 78 Tahun 2015 Downloads disini PP No 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan .pdf

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.