UMK Karawang Tahun 2016 Diprediksi Tertinggi di Indonesia - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

UMK Karawang Tahun 2016 Diprediksi Tertinggi di Indonesia

UMK Karawang Tahun 2016 Diprediksi Tertinggi di Indonesia
Karawang - Dalam 2~3 hari kedepan penetapan upah minimum kabupaten (UMK) Karawang untuk tahun 2016 harus segera di putuskan mengingat batas waktu yang di tetapkan selambat lambatnya tanggal 21 November 2015.

Upah minimum kabupaten (UMK) Karawang 2016 menjadi yang tertinggi di Indonesia. UMK Karawang direncanakan naik 11% dari Rp2,9 juta pada 2015 menjadi Rp3,2 juta pada 2016. 

Angka ini di atas UMK DKI Jakarta dan Kota Bekasi. “Memang belum ada penetapan tapi kami merencanakan kenaikan UMK sebesar 11% dari sebelumnya. Tanggal 20 November nanti rencananya kami akan membuat penetapan karena segala sesuatunya sudah siap,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang A Suroto.

Suroto mengemukakan, kenaikan nilai UMK sebesar 11% tersebut didasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2015 tentang Pengupahan. Kenaikan UMK dihitung berdasarkan faktor inflasi dan Produk Domestik Bruto (PDB). “Insya Allah ke putusannya 20 November ini kami keluarkan penetapannya,” ungkap Suroto. 

Suroto yakin, keputusan kenaikan UMK sebesar 11% tersebut akan disambut baik oleh para buruh di Karawang. Sebab, keputusan untuk menaikan UMK sebesar 11% itu telah mengakomodir kepentingan buruh dan pengusaha. ”Semua aspek sudah kami pertimbangkan baik dari sisi pekerja ataupun pengusaha, dan juga pemerintah daerah,” tutur dia. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.