Keppres 25 Tahun 2015, 9 Desember 2015 Hari Libur Nasional - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

Keppres 25 Tahun 2015, 9 Desember 2015 Hari Libur Nasional

Tanggal 9 Desember 2015 dijadikan Hari Libur Nasional dengan diterbitkannnya Keppres Nomor 25 Tahun 2015 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2015 sebagai hari libur nasional.

Keputusan Presiden RI Nomor 25 Tahun 2015 ditetapkan oleh Presiden RI pada tanggal 23 November 2015 dan mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Sesuai dengan amanat Undang-undang bahwa pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau pada hari yang diliburkan. Sedangkan KPU telah menetapkan bahwa pilkada serentak dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015 yang bukan merupakan hari libur.

Oleh karena itu, untuk memenuhi amanat UU, maka ditetapkanlah Keppres No 25 Tahun 2015 tentang Hari Libur Nasional Pilkada serentak, agar tanggal 9 Desember 2015 menjadi hari yang diliburkan dan dapat memberikan keleluasaan warga negara untuk memilih.

Keputusan untuk memutuskan hari libur nasional ini menurut saya sangat tepat. Jika hari libur tidak ditetapkan secara nasional, maka bisa saja membatasi kebebasan warga negara untuk memilih.

Misalkan saja Yusril tinggal di daerah A, yang mana daerah A menyelenggarakan pilkada. Sedangkan dia bekerja di daerah B yang tidak menyelenggarakan pilkada.

Jika hari libur hanya berlaku pada daerah yang menyelenggarakan pilkada (Daerah A), maka Yusril akan terbatasi pilihannya, apakah mau berpartisipasi dalam pilkada atau kerja di daerah B tapi kehilangan haknya.

Penetapan hari libur nasional ini sangat memudahkan bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.