Ayo berserikat,Agar hidup bermartabat. - Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa (FSPS)

Ayo berserikat,Agar hidup bermartabat.

Ayo berserikat,Agar hidup bermartabat.
Pembangunan infrastuktur yang dibumbui dengan dipermudahnya  investasi modal menjadi faktor pendorong tumbuhnya pabrik pabrik di seantero negeri ini, termasuk Cirebon. Hal tersebut menimbulkan dua sisi yang saling bertolak belakang bagai dua mata pisau, satu sisi hal tersebut cukup positif karena dapat membuka lapangan kerja, namun satu sisi hal tersebut juga memunculkan perbudakan model baru. Lihat saja banyak sekali buruh pabrik tersebut dipekerjakan dengan sistem kontrak yang berkepanjangan sehingga tidak an untuk menjadi pekerja tetap dan pengusaha pun dengan mudahnya dapat melakukan PHK secara sepihak, selain daripada itu upah yang diberikan pun jauh dari cukup untuk mecukupi kehidupa para buruh, belum lagi tidak dijalankannya jaminan sosial semakin menambah penderitaan buruh karena dengan upah yang kecil mereka masih harus dibebankan biaya berobat yang tidak murah ketika sakit atau melahirkan. Lemahnya pengawasan dan pembinaan pemerintah terhadap pengusaha dan buruh terasa semakin melengkapi penderitaan tersebut.

Namun berbagai hal tersebut bukannya tanpa solusi atau jalan keluar untuk menghindari penindasan tersebut. Pepatah yang mengatakan bersatu kita teguh bercerai kita runtuh memanglah benar, untuk membebaskan diri dari penindasan tersebut kita harus bersatu dan berserikat karena dengan berserikat kita akan  :
Belajar memahami undang undang ketenagakerjaan 

Balajar memahami hak hak kita sebagai buruh 

Belajar memperjuangkan upah layak 

Belajar melawan PHK yang melanggar undang undang 

Belajar merebut hak berobat  gratis yang menjadi amanah UUD 1945

Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa cabang Cirebon yang bertempat di blok jenun desa junjang wetan depan RSUD Arjawinangun adalah serikat pekerja yang akan terus berjuang membebaskan anggotanya dari penindasan dengan tetap menjunjung tinggi hukum dan hak asasi manusia. Mari rebut kembali hak hak kita yang tidak diberikan, kita kawal kinerja aparat pemerintah dalam menegakkan aturan perburuhan di negri ini, karena hanya dengan cara itu kita dapat hidup dengan bermartabat.

Disampaikan oleh Direktorat Hukum dan Ham 
Dewan Pimpian Pusat Federasi Serikat Pekerja Singaperbangsa
dalam aksi peringatan hari buruh internasional tahun 2018 di Kabupaten Cirebon

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.